Prediksi Polandia vs Portugal - Friendly Match ( 1 Maret 2012 )


Prediksi Bola

Portugal akan mendapat kehormatan besar saat melawat ke Warsawa beruji coba melawan Polandia, salah satu tuan rumah EURO 2012. Pasalnya Bialoczerwoni kontra Seleccao das Quinas akan menjadi laga sepak bola pertama yang digelar di stadion anyar, New Warsaw National Stadium, Rabu (29/2) atau Kamis dinihari WIB nanti.

Stadion tempat pembukaan EURO 2012 itu telah mendapat izin menggelar pertandingan. New Warsaw National Stadium sempat menjadi salah satu ganjalan bagi persiapan Polandia menjadi tuan rumah bersama Ukraina. Stadion berkapasitas 58.145 tempat duduk itu sebenarnya direncanakan melakoni debut saat Polandia menjamu Jerman pada 6 September 2011. Namun, karena pengerjaan yang lambat dan kucuran dana yang tidak sesuai prediksi, stadion kebanggaan warga Warsawa itu baru selesai pada 29 November 2011 lalu.

Tidak hanya itu. Meski secara fisik telah selesai dan siap digunakan, pihak Kepolisian Polandia ternyata tidak juga memberi izin penggunaan stadion. Alasan yang digunakan adalah keamanan. Polisi*yang melakukan pemeriksaan mendapati fakta bahwa sinyal komunikasi radio mereka terhalang oleh bentuk stadion yang tertutup. Dampaknya, final Piala Super Polandia 2011 antara Wisla Krakow kontra Legia Warszawa, yang sedianya digelar Sabtu (11/2) lalu, harus ditunda.

Kini, setelah semua urusan keamanan selesai dan izin Polisi turun, venue senilai USD 640 juta itu dinyatakan siap menggelar pertandingan sepak bola. Polandia versus Portugal, dini hari WIB nanti, akan tercatat sebagai laga pertama.

“Kami senang akhirnya akan menggunakan stadion nasional. Namun yang lebih penting kesiapan tim menghadapi turnamen. Sejauh ini, materi Polandia sudah 90%–95%. Sebelas pemain inti juga sudah ada di benak saya," ucap Pelatih Polandia Franciszek Smuda, dikutip thenews.pl.

Bagi Polandia, mempersiapkan tim yang kuat sama penting dengan fasilitas penunjang turnamen. Pasalnya di EURO 2012 nanti mereka akan tergabung di grup yang sebenarnya tidak terlalu berat. Di Grup A, tim putih-merah itu akan menghadapi Yunani pada matchday perdana, Rusia di matchday kedua dan Republik Ceko di matchday pamungkas. Di atas kertas, kekuatan Yunani, Rusia dan Rep Ceko tidaklah terlalu dahsyat layaknya Spanyol, Jerman atau Belanda.

“Tim kami memiliki fondasi kuat karena terdapat beberapa pemain berpengalaman seperti Jakub Blaszczykowski, Robert Lewandowski dan Lukasz Piszczek yang sukses bersama Borussia Dortmund. Kami juga memiliki Wojciech Szczesny yang menjadi kiper pilihan utama Arsenal,” ujar pengamat sepak bola lokal Michal Zachodny.

Karena itu, Portugal dianggap menjadi lawan tepat Polandia untuk mempersiapkan tim menghadapi EURO 2012. Sebab, Portugal terkenal sebagai tim yang memiliki serangan cepat mengandalkan para pemain sayap berteknik tinggi.

Menghadapi Polandia, Pelatih Portugal Paulo Bento tetap memanggil para pemain terbaik macam Cristiano Ronaldo dan Nani. Bento juga memanggil beberapa debutan seperti striker muda Benfica berusia 20 tahun Nelson Oliveira. Ada pula gelandang Toulouse Paulo Machado serta bek Real Betis Nelson Marcos.

“Beberapa uji coba yang digelar sebelum turnamen akan saya gunakan untuk mencari pemain terbaik. Kerangka tim memang sudah terbentuk. Namun, tidak ada salahnya melihat pemain lain. Siapa tahu ada yang tampil baik dan memuaskan saya saat uji coba,” kata Bento, dikutip portugoal.com.



Head to Head Polandia vs Portugal :
09 Sep 2007 : Portugal vs Polandia               2-2 (Piala Eropa)
12 Okt 2006 : Polandia vs Portugal               2-1 (Piala Eropa)
10 Jun 2002 : Portugal vs Polandia               4-0 (Piala Dunia)
07 Jun 1986 : Polandia vs Portugal               1-0 (Piala Dunia)
28 Okt 1983 : Polandia vs Portugal               0-1 (Piala Eropa)

Lima Pertandingan Terakhir Polandia :
16 Nov 2011 : Polandia vs Hongaria               2-1 (Friendly Match)
12 Nov 2011 : Polandia vs Italia                 0-2 (Friendly Match)
12 Okt 2011 : Belarusia vs Polandia              0-2 (Friendly Match)
07 Okt 2011 : Korea Selatan vs Polandia          2-2 (Friendly Match)
07 Sep 2011 : Polandia vs Jerman                 2-2 (Friendly Match)

Lima Pertandingan Terakhir Portugal :
16 Nov 2011 : Portugal vs Bosnia                 6-2 (Kualfks Piala Eropa)
12 Nov 2011 : Bosnia vs Portugal                 0-0 (Kualfks Piala Eropa)
12 Okt 2011 : Denmark vs Portugal                2-1 (Kualfks Piala Eropa)
08 Okt 2011 : Portugal vs Eslandia               5-3 (Kualfks Piala Eropa)
03 Sep 2011 : Siprus vs Portugal                 0-4 (Kualfks Piala Eropa)
Prediksi Susunan Pemain Starting XI :

Polandia : Fabianski - Glowacki, Wasilewski, Wojtkowiak, Komorowski, Dariusz Dudka, Blaszczykowski, Adam Matuschyk, Maciej Rybus, Adrian Mierzejewski, Pawel Brozek.

Portugal : Rui Patricio - Bruno Alves, Pepe, Fabio Coentrao, João Pereira, Miguel Veloso, Joao Moutinho, Raúl Meireles, Nani, Cristiano Ronaldo, Hélder Postiga.