Inilah Beberapa Kandidat Manajer Baru Chelsea


Masa bakti Andre villas-Boas tergolong singkat. Hanya delapan bulan sejak dia dikontrak dari FC Porto pada musim panas lalu. Sejak pemecatan Villas-Boas, Chelsea menunjuk Roberto Di Mateo sebagai caretaker hingga pengujung musim. Namun, direksi The Blues mulai bekerja dalam memburu calon penerus Villas-Boas pada musim panas mendatang.

Kontan hal itu memunculkan spekulasi dari kalangan media, khususnya di Inggris. Beberapa nama pun mulai diapungkan. Termasuk isu membawa kembali Jose Mourinho yang kini masih melatih Real Madrid. Meski begitu, Mourinho tak sendirian. Ada beberapa nama lain yang diyakini berada di garda terdepan.
Nama pertama yang muncul adalah rival Mou di Liga BBVA, yakni pelatih Barcelona, Josep Guardiola. Seperti diketahui, Guardiola masih belum menentukan masa depannya di Camp Nou. Sodoran kontrak dari klub belum disepakatinya. Padahal, kerjasama dia dengan Barcelona akan tuntas pada akhir musim ini.
Situasi itu membuat beberapa klub Eropa mulai mengintip peluang mendekati Guardiola. Inter Milan salah satunya. Namun, setelah pemecatan Villas-Boas, Chelsea pun ikut terjun ke dalam perburuan. Keuntungannya, mengontrak Guardiola tak memerlukan biaya kompensasiyang harus dibayarkan kepada Barcelona. Karena pada musim panas nanti, status Guardiola sudah bebas kontrak.
Selain Guardiola, muncul juga pelatih yang berhasil membawa Borussia Dortmund juara Bundesliga 1 pada musim lalu, Juergen Klopp. Dengan filosofinya di Dortmund, Klopp dianggap salah satu sosok ideal pengisi kursi manajer di Stamford Bridge.
Di urutan berikutnya, terpampang nama Gianfranco Zola. Mantan striker timnas Italia itu memang sudah sejak lama digadang-gadang sebagai calon manajer Chelsea. Apalagi, dia merupakan sosok yang sangat diidolai publik Stamford Bridge. Jika terjadi, Zola bisa berduet kembali dengan Di Matteo seperti kala keduanya amsih sama-sama bermain bagi The Blues pada era 90-an.
Beberapa nama lain yang mungkin jadi pertimbangan adalah eks manajer timnas Inggris, Fabio Capello. Lalu ada juga Rafael Benitez, meski sbelumnya sempat menepis telah dihubungi oleh Chelsea. Akan tetapi, segala spekulasi tersebut hampir dipastikan baru akan terjawab pada musim panas mendatang.