Profil Team EURO 2012 Grup A




Pembagian grup untuk turnamen Piala Eropa EURO2012 telah di lakukan desember 2011, kita akan mencoba membahas team-team yang berada di grup A yang terdiri dari Polandia, Yunani, Rusia dan Republik Ceko. Polandia sebagai tuan rumah akan di hadang di hadapan pendukungnya sendiri oleh 3 team yang pernah menjuarai turnamen ini masing-masing satu kali. Baca : Profil Pelatih Euro 2012 - Grup A Seluruh pertandingan di grup A akan di lakukan di negara Polandia tepatnya di kota Warsaw dan Wroclaw dengan dua stadion yang di sediakan yaitu National Stadium Warsaw dan Municipal Stadium Wroclaw. Masing-masing team akan saling bertemu sehingga tiap team akan bertanding 3 kali.

POLANDIA

Polandia di EURO 2012 ini adalah keikutsertaan ketiga kalinya di turnamen Piala Eropa ini, sebelumnya di tahun 1960 masuk hingga babak 16 besar dan di tahun 2008 hanya sampai di babak grup. Di Euro 2008 Poland berada di grup B bersama Jerman, Kroasia dan Austria, di babak grup ini Poland kalah dari Jerman 2-0, Seri dengan Austria 1-1 dan kalah Dari Kroasia 1-0 hingga menduduki posisi terakhir di grup tersebut. Sebagai tuan rumah membuat Polandia ikut serta di turnamen ini, tentunya dengan dukungan dari supporter karena bermain sebagai tuan rumah akan membuat Polandia menjadi kuda hitam di Euro 2012 ini. Polandia di Euro 2012 akan dilatih oleh Franciszek Smuda dan Captain Jakub Błaszczykowski yang bermain di Borusia Dortmund. Perjalanan Polandia di turnamen ini di prediksikan akan berat, ini di karenakan Polandia adalah negara dengan rangking FIFA terendah dari semua peserta turnamen ini yaitu di peringkat 66 dunia. Pelatih Franciszek Smuda telah mencoba 67 pemain dalam 26 partai. Pemain Polandia yang diharapkan akan menjadi bintang dan membantu perjalanan Polandia adalah Robert Lewandowski striker 23 tahun yang bermain di Borusia Dortmund serta Pemain muda lainnya yaitu kiper utama Arsenal saat ini Wojciech Szczesny. Berikut ini kita tampilkan kemungkinan susunan pemain yang di bawa ke Euro 2012.

Kiper: Wojciech Szczęsny (Arsenal), Łukasz Fabiański (Arsenal), Przemysław Tytoń (PSV Eindhoven).

Bek: Łukasz Piszczek (Borussia Dortmund), Marcin Wasilewski (Anderlecht), Damien Perquis (Sochaux), Sebastian Boenisch (Werder Bremen), Jakub Wawrzyniak (Legia Warszawa), Tomasz Jodłowiec (Polonia Warszawa), Grzegorz Wojtkowiak (Lech Poznań), Marcin Kamiński (Lech Poznań).
Gelandang: Dariusz Dudka (Auxerre), Ludovic Obraniak (Bordeaux), Adam Matuszczyk (Fortuna Düsseldorf), Sławomir Peszko (FC Köln), Eugen Polanski (Mainz), Jakub Błaszczykowski (Borussia Dortmund), Adrian Mierzejewski (Trabzonspor), Maciej Rybus (Terek Grozny), Sebastian Mila (Śląsk Wrocław).
Penyerang: Robert Lewandowski (Borussia Dortmund), Kamil Grosicki (Sivasspor), Ireneusz Jeleń (Lille).

Yunani

Yunani ikut serta di Euro telah tiga kali termasuk Euro 2012. Sebelumnya di Euro 2004 dan Euro 2008. Yunani menjuarai Euro 2004 di Portugal, setelah di Final menang atas tuan rumah 1-0, ini merupakan salah satu prestasi besar bagi Yunani. Di Euro 2008 Yunani hanya bertahan hingga babak grup dimana Yunani berada di grup D bersama Spanyol, Swedia dan Russia, selama di babak grup Yunani kalah 3 kali tanpa kemenangan dan harus puas di peringkat keempat Grup D setelah kalah dari Spanyol 1-2, dari Rusia 0-1 dan 0-2 dari Swedia. Keikutsertaan Yunani kali ini merupakan salah satu penghibur bagi rakyat negaranya karena krisis ekonomi yang melanda negara ini. Pelatih Fernando Santos di percaya untuk membawa squad Yunani di Euro 2012. Mayoritas pemain Yunani bermain di negaranya sendiri, Berikut kami tampilkan kemungkinan para pemain yang akan di bawa ke Euro 2012:
Kiper: Alexandros Tzorvas (Palermo), Michalis Sifakis (Aris), Orestis Karnezis (Panathinaikos).
Bek: Vasilis Torosidis (Olympiakos), Jose Holebas (Olympiakos), Sokratis Papastathopoulos (Werder Bremen), Kyriakos Papadopoulos (Schalke), Avraam Papadopoulos (Olympiakos), Nikos Spyropoulos (Panathinaikos), Stelios Malezas (PAOK), Loukas Vyntra (Panathinaikos).
Gelandang: Giannis Maniatis (Olympiakos), Grigoris Makos (AEK), Kostas Katsouranis (Panathinaikos), Giorgos Karagounis (Panathinaikos), Giannis Fetfatzidis (Olympiakos), Giorgos Fotakis (PAOK), Pantelis Kafes (AEK).
Penyerang: Fanis Gekas (Samsunspor), Georgios Samaras (Celtic), Dimitris Salpingidis (PAOK), Stefanos Athanasiadis (PAOK), Nikos Lymberopoulos (AEK).

Rusia

Rusia pernah menjuarai turnamen ini tepatnya tahun 1960 ketika masih bernama Uni Sovyet, setelah pecah akibat perang dingin dengan amerika serikat. Dengan nama Rusia hingga saat ini sudah 4 kali ikut serta di piala eropa ini dimana sebelumnya ikut serta di Euro 1996, Euro 2004 dan Euro 2008. Di Euro 1996 Rusia harus berhenti di babak grup dimana saat itu berada di grup C bersama Italia, Jerman dan Rep Ceko, perjalanan di Euro 96 harus terhenti karena menduduki peringkat terbawah di grup C hasil dari dua kali kalah atas Italia dan Jerman serta seri dengan Rep Ceko. Di Euro 2004 langkah Rusia juga harus terhenti di babak grup A dengan kalah 2 kali atas Spanyol dan Portugal dan menang sekali atas Yunani hingga menjadi peringkat terakhir di grup tersebut. Di Euro 2008 perjalanan Rusia hingga semifinal, di babak grup D ini bersama Spanyol, Yunani dan Swedia, Rusia menjadi runner up hasil dari dua kali menang atas Swedia dan Yunani serta kalah atas Spanyol, Di babak perempat final Rusia menang atas Belanda 3-1, di semifinal Rusia kalah atas Spanyol kembali 3-0. Pelatih asal Belanda Dick Advocaat di percaya untuk memimpin squad Rusia di Euro 2012, Roman Pavlyuchenko, Andrey Arshavin dan Alan Dzagoev adalah para pemain bintang yang akan membantu dan memberi nilai lebih untuk team Rusia. Berikut kami tampilkan perkiraan pemain yang akan di bawa ke Euro 2012 :
Kiper: Igor Akinfeev (CSKA Moscow), Vyacheslav Malafeev (Zenit), Vladimir Gabulov (Anzhi Makhachkala).
Bek: Alexander Anyukov (Zenit), Alexei Berezutsky, Vasily Berezutsky, Sergei Ignashevich (all CSKA Moscow), Yuri Zhirkov (Anzhi Makhachkala), Roman Shishkin (Lokomotiv Moscow).
Gelandang: Diniyar Bilyaletdinov, Dmitry Kombarov (both Spartak Moscow), Denis Glushakov (Lokomotiv), Igor Denisov, Konstantin Zyryanov, Roman Shirokov (all Zenit); Alan Dzagoev (CSKA); Igor Semshov (Dynamo Moscow), Alexander Samedov (Dynamo Moscow).
Penyerang: Andrey Arshavin (Zenit); Alexander Kokorin (Dynamo); Roman Pavlyuchenko (Lokomotiv); Alexander Kerzhakov (Zenit); Pavel Pogrebnyak (Fulham).

Republik Ceko

Ceko pernah menjuarai kejuaran ini pada tahun 1976 dengan status Cekoslovakia, setelah pecah menjadi Republik Ceko 4 kali berturut-turut Ceko mengikuti turnamen ini yaitu pada tahun 96, 2000, 20004 dan 2008. Di Euro 96 Ceko masuk hingga ke final, Di final Ceko kalah dari Jerman 2-1. Di Euro 2000 perjalanan Ceko terhenti di babak grup setelah Kalah 1-0 dari Belanda dan kalah 2-1 dari Perancis serta menang dari Denmark 2-0, peringkat ketiga di babak grup ini membuat Ceko harus pulang lebih cepat. Di Euro 2004 Ceko harus puas hingga semifinal dimana di semifinal harus kalah dari Yunani 1-0 yang kemudian menjadi juara di turnamen tersebut. Di Euro 2008 kembali Ceko harus kandas di babak grup dengan hasil menang sekali atas Swiss dan kalah dari Portugal dan Turki. Michel Bilek menjadi pelatih utama untuk team Ceko di Euro 2012. Pemain bintang dari Ceko yaitu Petr Cech, Michal Kadlec dan Tomas Rosicky di perlukan untuk mencapai hasil yang maksimal di Euro 2012. Berikut kami tampilkan para pemain yang mungkin dibawa ke Euro 2012.
Kiper: Petr Čech (Chelsea), Jaroslav Drobný (Hamburger), Jan Laštůvka (Dnipro Dnipropetrovsk).
Bek: Jan Rajnoch (Sivasspor), Tomáš Sivok (Beşiktaş), Theodor Gebreselassie (Slovan Liberec), Roman Hubník (Hertha Berlin), Daniel Pudil (Cesena), Michal Kadlec (Bayer Leverkusen), Zdeněk Pospěch (Mainz), František Rajtoral (Viktoria Plzeň).
Gelandang: Tomáš Rosický (Arsenal), Petr Jiráček (Wolfsburg), Tomáš Hübschman (Shakhtar Donetsk), Daniel Kolář (Viktoria Plzeň), Jaroslav Plašil (Bordeaux), Jan Rezek (Anorthosis Famagusta), Václav Pilař (Viktoria Plzeň), Milan Petržela (Viktoria Plzeň).
Penyerang: Milan Baroš (Galatasaray), David Lafata (FK Jablonec), Tomáš Necid (CSKA Moscow), Tomáš Pekhart (Nürnberg).
agenbola.com