Prediksi Chelsea Vs Stoke City (BPL 10 Maret 2012 )


Chelsea vs Stoke City – Stamford Bridge – Sabtu, 10 Maret 2012, 22:00 WIB.

Menjamu Stoke City di Stamford Bridge, Sabtu (10/3) malam nanti, merupakan debut caretaker Chelsea Roberto Di Matteo di Liga Primer Inggris. Mampukah Italiano itu mengangkat citranya dengan kemenangan ?
Secara kebetulan, Stoke juga merupakan tim yang dihadapi Chelsea saat Andre Villas-Boas (AVB) melakoni debut di Liga Primer awal musim ini. Di Matteo yang saat itu berada di belakang AVB sebagai asisten, harus menyaksikan The Blues memulai musim ini dengan hasil kurang memuaskan yakni 0-0. Tak pelak, AVB menjadi arsitek pertama yang sejak Avram Grant yang tak menikmati sukses pada debutnya di Liga Primer.
Dari 11 pelatih yang menukangi Chelsea sejak era Glenn Hoddle pada 1993, hanya empat orang yang melakoni debut kemenangan di Liga Primer. Mereka adalah Jose Mourinho, Felipe Scolari, Guus Hiddink dan Carlo Ancelotti. Sementara AVB, Ruud Gullit dan Claudio Ranieri hanya meraih hasil imbang. Hoddle, Grant dan Gianluca Vialli mengawali debut memalukan di Liga Primer dengan kekalahan.
Bagaimana dengan Di Matteo ? Apakah dia akan mengalami déjà vuseperti saat menemani AVB mengawali debutnya ? Berkaca kemenangan Chelsea 2-0 atas Birmingham City pada sentuhan perdananya di replay babak V Piala FA, Selasa (6/3) kemarin, Di Matteo pantas optimistis. Apalagi, sebagai mantan gelandang Chelsea era 1996–2002, pria berusia 41 tahun ini mendapat dukungan penuh dari kapten tim John Terry.
Setelah sebulan menepi karena cedera lutut, Terry sendiri bakal kembali masuk line-up meski hanya duduk di bangku cadangan saat Chelsea melibas Birmingham. Ya, saat itu kehadiran sang kapten menjadi suntikan berharga buat tim.
Dukungan juga datang dari playmaker Chelsea, Juan Mata. Gelandang asal Spanyol itu merasa timnya harus meningkatkan performa untuk bisa mengakhiri musim ini minimal di posisi 4 besar agar bisa kembali tampil di Liga Champions musim depan. Saat ini, The Blues masih terpaku di peringkat 5 dengan 46 poin. Chelsea tertinggal tiga angka dari Arsenal yang semakin kokoh di peringkat 4. Namun, kesempatan memangkas selisih itu bisa dilakukan pekan ini. Sebab sang rival akan menghadapi lawan cukup berat dengan menjamu Newcastle United, Senin (12/3) mendatang.
Faktor Terry dan Mata menjadi penting saat menjamu Stoke yang sedang on fire. Sang tamu selalu meraih kemenangan dalam dua laga terakhir. The Potters juga mampu mengepak tiga clean sheets dari empat laga di semua kompetisi. Namun, sejarah menyatakan, Stoke selalu kalah dalam empat kunjungan terakhir ke Stamford Bridge. Walau tentunya Stoke juga siap menfubah tren buruk tersebut.
Caretaker Roberto di Mat­teo sendiri juga tak ingin terlarut dalam ke­suk­­sesan perdananya membawa Chelsea menuju babak keenam Piala FA. Dia ingin membawa Chel­sea meraih tiket Liga Cham­pions musim depan dengan finish di posisi empat besar pada akhir musim nanti. Artinya pertandingan menghadapi Stoke ini adalah harga mati untuk sebuah kemenangan.
Head to Head Chelsea vs Stoke City :
14 Ags 2011 : Stoke City vs Chelsea                        0-0 (EPL)
02 Apr 2011 : Stoke City vs Chelsea                        1-1 (EPL)
28 Ags 2010 : Chelsea vs Stoke City                        2-0 (EPL)
25 Apr 2010 : Chelsea vs Stoke City                        7-0 (EPL)
07 Mar 2010 : Chelsea vs Stoke City                        2-0 (FA Cup)

Lima Pertandingan Terakhir Chelsea :
06 Mar 2012 : Birmingham vs Chelsea                        0-2 (FA Cup)
03 Mar 2012 : West Bromwich vs Chelsea                     1-0 (EPL)
25 Feb 2012 : Chelsea vs Bolton                            3-0 (EPL)
21 Feb 2012 : Napoli vs Chelsea                            3-1 (Champions)
18 Feb 2012 : Chelsea vs Birmingham                        1-1 (FA Cup)

Lima Pertandingan Terakhir Stoke City :
03 Mar 2012 : Stoke City vs Norwich City                   1-0 (EPL)
26 Feb 2012 : Stoke City vs Swansea                        2-0 (EPL)
23 Feb 2012 : Valencia vs Stoke City                       1-0 (Europa)
19 Feb 2012 : Crawley Town vs Stoke City                   0-2 (FA Cup)
16 Feb 2012 : Stoke City vs Valencia                       0-1 (Europa)
Prediksi Susunan Pemain Starting XI :
Chelsea : Cech – Cole, Luiz, Cahill, Bosingwa, Mata, Ramires, Meireles, Lampard, Torres, Drogba.
Stoke : Begovic – Huth, Shawcross, Wilkinson, Shotton, Whelan, Wilson, Whitehead, Etheringhton, Walters, Crouch.