Review: Gol ke-100 Drogba Menangkan Chelsea





Review: Gol ke-100 Drogba Menangkan Chelsea Didier Drogba mencatat sejarah dengan gol ke-100 di Liga Premier sekaligus penentu tunggal kemenangan Chelsea 1-0 atas 10 pemain Stoke City di Stamford Bridge, Sabtu (10/3) malam WIB.

The Blues menyongsong laga ini dengan bekal kemenangan 2-0 atas Birmingham yang membawa mereka melaju di Piala FA, dan tekanan mereka di menit awal nyaris membuat kapten Stoke, Ryan Shawcross mencetak gol bunuh diri.

Chelsea terus berupaya mencetak gol pembuka namun sundulan Branislav Ivanovic yang tak terkawal masih belum menemui sasaran, dan tembakan jarak jauh Gary Cahill masih bisa ditepis kiper Asmir Begovic.

Stoke pun memberi perlawanan lewat upaya Jonathan Walters yang membuat lini bertahan Chelsea sempat kerepotan, namun mereka justru menerima pukulan di menit 25 ketika sang penyerang, Ricardo Fuller diganjar kartu merah langsung akibat menginjak Ivanovic.

Unggul jumlah pemain membuat dominasi Chelsea kian kental, namun upaya mereka lewat tendangan Raul Meireles dan juga sundulan John Terry dari situasi sepak pojok masih belum bisa membobol gawang Begovic.

Hingga turun minum, tak ada gol yang tercipta dan babak pertama pun ditutup dengan skor imbang tanpa gol.

Di babak kedua, Chelsea kembali mendominasi dan menggempur pertahanan Stoke yang memilih bermain lebih defensif dan menyulitkan tuan rumah menembus pertahanan mereka.

Drogba masih membuktikan jika dirinya adalah figur penting untuk Chelsea ketika di menit 66, tendangan bebasnya memaksa Begovic melakukan penyelamatan gemilang, namun kiper Stoke itu tak mampu mencegah penyerang Pantai Gading itu membobol gawangnya dua menit kemudian.

Umpan pendek Juan Mata di depan kotak penalti diterima Drogba yang kemudian mengontrol bola melewati hadangan Begovic dan melepaskan tendangan keras dari jarak dekat. 1-0 Chelsea memecah kebuntuan.

Situasi unggul justru membuat Chelsea kehilangan kendali dan Stoke mulai berani keluar menyerang serta sempat mengancam lewat upaya Andy Wilkinson dan Cameron Jerome, namun beruntung tak ada yang menemui sasaran.

Chelsea sendiri masih mengendalikan sisa permainan dan menciptakan peluang lewat aksi Daniel Sturridge dan tenangan bebas Mata, namun hingga laga usai tak ada lagi gol yang tercipta.

Kemenangan ini mengatrol poin Chelsea menyamai Arsenal di posisi keempat, juga menjadi kado ulang tahun ke-107 klub dan sekaligus modal berharga untuk menghadapi Napoli di Liga Champions tengah pekan mendatang.