Review: Hantam Tottenham, United Jaga Asa Juara




Review: Hantam Tottenham, United Jaga Asa Juara
Manchester United melawat ke markas Tottenham dengan target meraup tiga angka demi menjaga peluang untuk menjuarai Premier League 2011/12.

Manchester United berkunjung ke White Hart Lane dengan mengusung rekor tak pernah kalah atas kubu tuan rumah sejak Mei 2001, yaitu dalam 21 laga Premier League dan 25 laga di semua ajang.

Ashley Young menjadi bintang dalam kemenangan United ini berkat penampilan impresif dan dua gol berkelasnya.

Tottenham minus Gareth Bale dan Rafael van der Vaart yang tidak fit. Friedel, Walker, Kaboul, King, Assou-Ekotto, Lennon, Livermore, Sandro, Modric, Adebayor serta Saha turun dari menit awal untuk Spurs.

United, yang kembali diperkuat striker Wayne Rooney, menerapkan pola 4-4-2 dengan De Gea, Jones, Ferdinand, Evans, Evra, Nani, Carrick, Scholes, Young, Rooney dan Welbeck sebagai starter.

Sebagai catatan, Rio Ferdinand dipercaya mengawal lini belakang United dan sukses mencatatkan penampilannya yang ke-450 di liga Inggris.

Butuh waktu hingga semenit jelang jeda babak pertama bagi United untuk membuka keunggulan atas tuan rumah. Tendangan sudut Young ke jantung pertahanan Tottenham ditanduk masuk oleh Wayne Rooney yang berhasil mengelabui penjagaan Kyle Walker. Itu adalah gol ke-18 Rooney di Premier League musim ini.

Di babak kedua, Ashley Young tak terhentikan dan mencetak dua gol untuk United hanya dalam kurun waktu 9 menit, yaitu pada menit ke-60 serta 69. Gol pertama Young tercipta lewat tendangan voli memanfaatkan umpan matang Nani. Yang kedua adalah gol sensasional hasil tendangan melengkung dari luar kotak penalti yang menghunjam ke sudut gawang.

David de Gea tampil hebat dan melakukan sejumlah penyelamatan gemilang untuk mengamankan gawang United, tapi gagal menciptakan clean sheet. Tendangan jarak jauh Jermain Defoe pada menit ke-87, yang dibiarkan bebas tanpa pressing, melesat kencang ke sisi kanannya dan membuat kedudukan menjadi 3-1. Itu adalah gol terakhir di laga ini.

Dengan hasil ini, rekor tak terkalahkan United atas Tottenham di Premier League pun menjadi 22 pertemuan secara beruntun.

Tambahan tiga angka membuat Manchester United sanggup menjaga selisih dua poin dengan tim di atasnya, sang pemuncak klasemen sementara sekaligus rival sekotanya, Manchester City.