Hasil Perempat Final Euro: Perancis Vs Spanyol 0-2


Spanyol hanya tinggal dua langkah lagi untuk mempertahankan gelar juara Piala Eropa, sekaligus memenuhi ambisi mengawinkan trofi Piala Eropa 2012 dengan Piala Dunia 2010.  “La Furia Roja” meraih tiket semifinal setelah sukses membungkam Perancis 2-0 laga perempat final di Stadion Donbass Arena, Sabtu atau Minggu (24/6/2012) dinihari WIB.
Spanyol sempat tanpa striker murni pada pertandingan itu. Pelatih Vicente Del Bosque menempatkan Cesc Fabregas menjadi target-man di lini depan “La Furia Roja”. Formasi 4-3-3 dengan striker “siluman” itu terbukti manjur membuat “La Furia Roja” terhindar dari kekalahan melawan Italia di penyisihan grup.
Di kubu Perancis, Laurent Blanc justru merombak lini tengahnya. Dua gelandang –Samir Nasri dan Jeremy Menez– yang biasa bergantian menjadi pemain inti, justru dicadangkannya.
Yann M’Vila diandalkan Blanc di lini tengah Perancis bersama Yohan Cabaye. Sementara Karim Benzema menjadi goal-getter tunggal dalam formasi 4-2-3-1 ala “Les Bleus” kali ini.
Kedua tim langsung terlibat baku serang. Ancaman pertama dilepaskan Spanyol pada menit kesepuluh.
Dari sektor kiri pertahanan “Les Bleus”, Alvaro Arbeola melepaskan umpan silang ke dalam kotak penalti lawan. Dengan cepat, Hugo Lloris keluar dari sarangnya untuk menangkap bola.
Spanyol yang memeragakan umpan-umpan pendek cepat terus menggempur pertahanan Perancis. Perjuangan Spanyol berujung manis setelah Xabi Alonso mencetak gol pada menit ke-19.
Gol berlawal dari umpan terobosan Iniesta kepada Jordi Alba. Alba kemudian menggiring bola dan melepaskan umpan manis kepada Alonso yang berdiri bebas di dalam kotak penalti lawan. Tanpa kesulitan, gelandang Real Madrid itu menanduk bola dan Lloris gagal mengantisipasinya. Gol bermakna lebih karena Alonso mengemasnya dalam laga internasional ke-100-nya.
“La Seleccion” makin terlihat garang. Sebuah tembakan dari Iniesta nyaris berbuah gol seandainya tidak membentur Cabaye saat laga berjalan setengah jam.
Di bawah tekanan lawan, Perancis  sempat memiliki peluang emas mencetak gol balasan pada menit ke-32. Tendangan bebas Cabaye nyaris merobek gawang Spanyol. Beruntung, Iker Casillas cermat menghalau bola.
Jelang turun minum, Perancis terlihat lebih mendominasi. Namun, Spanyol berhasil menjaga keunggulan 1-0 sampai babak pertama berakhir.
Perancis cukup tampil agresif pada awal babak kedua. Sebuah tandukan dari Debuchy setelah memanfaatkan umpan Ribery mengancam gawang Spapnyol. Beruntung bagi Spanyol, tandukan Debuchy masih melayang di atas mistar Casillas.
Pada pertengahan babak kedua, kedua pelatih mengubah taktiknya. Del Bosque memasukkan penyerang Fernando Torres dan Pedro, menggantikan Cesc Fabregas dan David Silva. Sementara di kubu Perancis, Blanc akhirnya memainkan samir Nasri dan Jeremy Menez. Kedua pemain tersebut menggantikan Malouda dan Debuchy.
Perubuhan yang dilakukan Del Bosque nyaris membuahkan hasil pada menit ke-70. Dari sisi kanan pertahanan Perancis, Pedro melakukan tusukan dan melepaskan umpan kepada Torres yang berada di dalam kotak penalti. Sayang, bola berhasil dibuang oleh Laurent Koscielny sebelum jatuh ke kaki Torres.
Pada menit ke-79, Torres nyaris membahayakan gawang Lloris. Namun, Torres terperangkap offside lebih dulu.
Tersisa sebelas menit, Spanyol masih menguasai pertandingan. Spanyol pun berhasil mendapatkan hadiah penalti setelah Pedro dijegal Anthony Reveillere pada masa injury time. Xabi yang tampil algojo berhasil menyarangkan bola ke sisi kanan gawang dan membuat Lloris terkecoh. Gol itu memateraikan kemenangan Spanyol dengan skor 2-0.
Kemenangan ini mengantarkan Spanyol ke semifinal. Iker Casillas dan kawan-kawan akan ditantang Portugal dalam perebutan tiket final di Donvas Arena pada 27 Juni mendatang.
Susunan Pemain
Spanyol (4-3-3):
 1-Iker Casillas; 3-Gerard Pique, 15-Sergio Ramos, 17-Alvaro Arbeloa, 18-Jordi Alba; 8-Xavi, 14-Xabi Alonso, 16-Sergio Busquets; 6-Andres Iniesta (Carzolla 83), 10-Cesc Fabregas (Torres 67), 21-David Silva (Pedro 64)
Perancis (4-2-3-1): 1-Hugo Lloris; 4-Adil Rami, 13-Anthony Reveillere, 21-Laurent Koscielny, 22-Gael Clichy; 2-Mathieu Debuchy (Menez 64), 6-Yohan Cabaye; 7-Franck Ribery, 15-Florent Malouda (Nasri 64), 17-Yann M’Vila; 10-Karim Benzema

Wasit: Nicola Rizzoli (Italia)