Persipura Hancurkan PSAP 7-1


Hattrick Alberto "Beto" Goncalves mengantarkan kemenangan besar 7-1 Persipura Jayapura atas tamunya PSAP Sigli dalam lanjutan Indonesia Super League di Stadion Mandala Jayapura, Kamis (7/6/2012) sore.

Persipura langsung tampil menekan sejak menit awal dengan mengandalkan Beto dan Lukas Mandowan sebagai penyerang, setelah dua pemain pilar Titus Bonai dan Boaz Solossa tidak dapat dimainkan.

PSAP sepertinya kurang siap menghadapi gempuran cepat yang dibangun para pemain "Tim Mutiara Hitam".

Hasilnya, laga baru berjalan enam menit jala gawang PSAP sudah kebobolan. Memanfaatkan kemelut di depan gawang Bio Paulin Pierre berhasil menggetarkan jala gawang PSAP Sigli. Persipura unggul 1-0 atas PSAP.

Dengan permainan cepat tuan rumah "Mutiara Hitam" terus menekan tamunya. Selang enam menit, kiper cadangan PSAP M. Sabani kembali memungut bola dari gawangnya sendiri, kali ini lewat sundulan Beto yang memanfaatkan umpan Gerard Pangkaly dari sisi kiri.

Tim asuhan Jessy Mustamu benar-benar tidak berkutik di Mandala. Dua menit jelang jeda, Lukas Mandowan mencatatkan namanya di papan skor dan membuat PSAP tertinggal tiga gol tanpa balas dari Persipura.

Dalam dua menit terakhir waktu normal sebelum turun minum, Beto menggenapkan trigolnya. Hebatnya, kedua gol Beto itu diarsiteki Gerard.
Di paruh kedua, PSAP Sigli mencoba tampil lebih solid. Namun, Persipura terus mengalirkan serangan sporadisnya.
Dan pada menit ke-47, Yohanis Tcoi berhasil mencetak jala PSAP. Semangat tempur armada Jacksen F Tiago makin membubung dengan keunggulan 6-0.

PSAP Sigli memperkecil defisit kekalahan setelah pemain asal Republik Korea Song Young Le sukses membobol gawang Persipura. Namun, skor 6-1 tak membuat tuan rumah mengendorkan serangan.

Akhirnya, Bio kembali membuat PSAP meratap setelah membuat gol ketujuh bagi Persipura pada menit ke-73. Skor 7-1 bertahan hingga akhir pertandingan.
Kemenangan itu memelihara peluang juara Persipura yang masih harus puas berada di posisirunner-up di bawah pimpinan klasemen sementara Sriwijaya FC.
Sementara PSAP Sigli turun dua peringkat ke posisi 18, karena disalip Deltras Sidoarjo yang pada saat yang sama berbagi angka dengan Persiram Raja Ampat di Stadion Gelora Deltra Sidoarjo.