Siapa Raih Sepatu Emas?


Selain persaingan ke tangga juara Piala Eropa 2012, perebutan sepatu emas berlangsung ketat. Sepatu emas alias Golden Boot merupakan sebuah penghargaan yang diberikan kepada pemain yang paling sering menjebol gawang lawan.
Hingga kini setidaknya ada lima pemain yang berpeluang mendapatkannya. Mereka Alan Dzagoev dari Rusia, Mario Mandzukic dari Kroasia, Mario Gomez dari Jerman, Cristiano Ronaldo dari Portugal dan Mario Balotelli dari Italia. Kelima pemain itu telah mencetak tiga gol. Tapi dari kelima pemain tersebut hanya Balotelli yang paling berpeluang mendapatkannya.
Hal ini tak bisa dilepaskan dari kesuksesan Italia menembus final Piala Eropa 2012. Itu berarti Balotelli masih punya kesempatan menambah koleksi golnya. Itu jika ia mampu menggetarkan gawang Iker Casillas di Kiev, Ahad (1/7) waktu setempat.
Balotelli bukan satu-satunya pemain yang memiliki kesempatan tersebut. Spanyol memiliki, bukan hanya satu, tapi tiga pemain: Fernando Torres, Cesc Fabregas dan Xabi Alonso. Ketiganya membayang-bayangi Balotelli. Tiga pemain tersebut sudah mencetak dua gol sejauh ini.
Apapun itu, Balotelli tetap yang paling difavoritkan untuk menjadi topskor alias peraih Sepatu Emas. Soalnya ia juga menjadi pemain sering melepas tendangan ke arah gawang.
Dari catatan UEFA, selama 331 menit bermain untuk Italia di Piala Eropa 2012, setidaknya 14 kali Balotelli melepas tendangan ke arah gawang. Dari jumlah itu tiga di antaranya berhasil masuk. Sementara untuk tendangan melenceng, Balotelli sepuluh kali melakukannya.
Balotelli juga menempati urutan kedua sebagai pemain yang paling sering melepas tendangan ke gawang setelah Ronaldo. Andres Iniesta menjadi pemain yang melengkapi daftar tiga besar. Laga final akan dilangsungkan pada 1 Juli 2012 di Kiev, Ukraina, antara Spanyol dan Italia.