Nominasi Golden Foot Diumumkan

Dua penggawa Juventus, gelandang Andre Pirlo dan kiper Gianluigi Buffon,  masuk nominasi The Golden Foot edisi 2012. Pemain Serie A lainnya yang turut terdaftar adalah Zlatan Ibrahimovic dan Clarence Seedorf.

Penghargaan The Golden Foot yang pertama kali diadakan pada tahun 2003 ini diberikan kepada pemain yang berlaga di benua Eropa. Namun, hanya pemain yang telah berusia 29 ke atas saja yang dinominasikan. 

Pemain yang terpilih harus memiliki prestasi di dalam dan di luar lapangan. Pemain yang telah memenangkan penghargaan ini, tidak bisa masuk nominasi lagi di tahun berikutnya.

Penghargaan The Golden Foot terakhir diberikan kepada gelandang Manchester United, Ryan Giggs, yang mendapatkannya tahun 2011 lalu. Sejak pertama diadakan, pemenang gelar ini mayoritas berasal dari klub Italia. 

Tercatat ada nama Francesco Totti tahun 2010 di AS Roma, Ronaldinho tahun 2009 saat memperkuat AC Milan, Alessandro Del Piero tahun 2007 bersama Juventus, Andriy Shevchenko 2005 saat berseragam Milan, serta dua pemain yang telah pensiun, Pavel Nedved tahun 2004 dan Roberto Baggio tahun 2003 ketika masih aktif membela Juventus dan Brescia.

Untuk tahun ini pemain yang masuk nominasi The Golden Foot adalah Gianluigi Buffon, Iker Casillas, Didier Drogba, Zlatan Ibrahimovic, Ricardo Kaka, Andrea Pirlo, Carles Puyol, Clarence Seedorf, dan Xavi Hernandez. 

sumber