"El Clasico" dalam Angka





"El Clasico" Jilid IV musim ini beberapa hari lagi akan dipentaskan, tepatnya pada hari Sabtu atau Minggu (22/4/2012) dini hari WIB. Dua raksasa sepak bola Spanyol, Barcelona dan Real Madrid, akan saling unjuk gigi di depan ribuan publik yang memadati Camp Nou untuk menentukan pengakuan sebagai tim yang paling berkuasa di Negeri Matador tersebut.

Selain itu, tentu hasil pertandingan tersebut sangat berarti bagi kedua tim dalam rangka perebutan gelar juara La Liga musim 2011/2012. Bagi Madrid, tentu kemenangan yang diraih kian melebarkan jarak mereka untuk menjauhi kejaran Barca. Adapun bagi pasukan Pep Guardiola sendiri, kemenangan harus diraih untuk memangkas selisih poin di antara kedua tim ini.

Akan tetapi di balik partai yang bertemakan "El Clasico" tersebut banyak fakta dan statistik yang bisa dicermati, seperti dilansir oleh Reuters.

9 - Jumlah kemenangan Barca dalam 14 pertemuan semenjak Pep Guardiola ditunjuk sebagai arsitek "Blaugrana" pada tahun 2008 (termasuk di La Liga, Piala Raja, Liga Champions, dan Piala Super Spanyol). Madrid sendiri hanya memenangi satu pertandingan yang kala itu menang tipis 1-0 atas musuh bebuyutannya tersebut lewat babak extra-time di final Piala Raja musim lalu.

11 - Semenjak dibungkam Osasuna 2-3, 11 Februari lalu, Barca meraih kemenangan 11 kali berturut-turut yang terus memangkas jarak perolehan kedua tim di papan klasemen sementara La Liga menjadi empat poin. Dalam waktu yang sama, Madrid harus terpeleset tiga kali kala bermain imbang melawan Real Malaga, Villarreal, dan Valencia.

18 - Angka tersebut adalah jumlah gol mantan legenda Real Madrid, Alfredo Di Stefano, yang kini bertindak sebagai presiden kehormatan klub, untuk menjadikan pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah "El Clasico".

18 - Jumlah tersebut adalah kartu yang paling banyak dikoleksi oleh pemain belakang Madrid dan timnas Spanyol, Fernando Hierro, dalam sejarah panjang "El Clasico" (17 kartu kuning dan satu kartu merah).

63 - Jumlah gol seorang fenomenal Lionel Messi di semua kompetisi musim ini (termasuk kejuaraan di Spanyol, Eropa, dan Piala Dunia Antarklub). Messi bersama Cristiano Ronaldo kini memimpin daftar "El Pichichi" dengan koleksi 41 gol. CR7 sendiri kini telah mencetak 51 gol di semua kompetisi musim ini.

86 - Kedua tim sepanjang sejarah "El Clasico" saling mengalahkan sebanyak 86 kali di partai resmi. Sebanyak 46 partai tersisa berakhir dengan skor imbang.

218 - Ini adalah jumlah partai yang telah diarungi kedua tim sepanjang sejarah "El Clasico". Pertemuan pertama mereka terjadi pada tanggal 13 Mei 1902, yang ketika itu Barca menang 3-1 pada babak empat besar Piala Raja.

365 - Jumlah gol yang ternyata diciptakan Madrid ke gawang Barca atau lebih banyak 11 gol ketimbang raksasa Catalan tersebut.(sumber : kompas.com)