Guardiola di Mata Mereka


Josep Pep Guardiola (Foto: Daylife)

Josep Pep Guardiola adalah sosok pelatih Barcelona paling sukses sepanjang sejarah klub asal Katalan tersebut. Dengan keahliannya meramu taktik, pelatih berkebangsaan Spanyol ini pun dibanjiri pujian.
 
Pujian bukan hanya datang dari anak-anak asuhnya, maupun manajemen Azulgrana.Bahkan, lawan-lawan pun tak sungkan untuk memberikan sanjungannya kepada pelatih berusia 41 tahun itu.
 
Berikut pujian-pujian untuk pria yang sempat menimba pengalaman di kompetisi Serie A dengan membela AS Roma dan Brescia ini:
 
"Guardiola adalah pelatih terbaik untuk Barcelona." - Pelatih Real Madrid Jose Mourinho.
 
"Pep adalah Barca. Dia hidup untuk klub ini. Itulah yang membedakannya dari banyak pelatih." - Presiden Barcelona Sandro Rosell.
 
"Pep mengirim sejumlah kebanggaan dengan ambisi pada pekerjaan kami dan membuat kami lapar kemenangan. Ia memenangkan keyakinan kami dari hari pertama, karena kami bisa melihat bahwa hal-hal benar sedang dilakukannya dan kemudian ketika hasilnya mulai mengalir, rasa percaya diri tumbuh bersama kami" - Striker Barcelona Lionel Messi.
 
"Barca adalah tim terbaik di dunia. Saya sudah tahu ketika saya sampai di sana, dan ketika saya meninggalkan Barcelona, Guardiola adalah pelatih fantastis. Masalah antara kami hanya soal perbedaan." - Mantan striker Barcelona Zlatan Ibrahimovic.
 
"Selama saya menjabat sebagai pelatih, ini (Barcelona) adalah tim terbaik yang pernah saya hadapi." - Pelatih Manchester United Sir Alex Ferguson, setelah Barcelona asuhan Guardiola mengalahkan United di final Liga Champions 2011.
 
"Dia (Guardiola) salah satu intelektual yang pernah saya temukan dalam ruang ganti, intelektual dalam arti, dia berpikir tentang banyak hal. Banyak hal tentang sepak bola. Tentu saja, dia juga bicara tentang sastra dan hal budaya lainnya." - Mantan pelatih Inggris Fabio Capello.
 
"Dia (Guardiola) tidak memberikan dirinya istirahat satu menit pun. Dia berkepala babi, sepakbola adalah segalanya untuk dia. Pep memberikan intensitas yang begitu banyak ke semua hal. Pep hampir terkena penyakit karena sepakbola" - Pemain tengah Barcelona Xavi.(sumber : okezone)