Spanyol Kampiun 2012, Sampai Jumpa di Perancis 2016


Drama putaran final Euro 2012 selesai sudah dengan memanggungkan Italia kontra Spanyol, dinihari tadi. Beragam kisah, suka cita, sedih, persahabatan dan penghormatan, menjadi bagian yang tak mungkin terlupakan bagi siapapun. Tidak hanya yang datang langsung ke negara Eropa Tengah tersebut, melainkan juga penggia bola sejagad raya.
Selepas hari berganti, Senin (2/7/2012) waktu Ukraina, semua pecinta si kulit bundar berharap suguhan spektakuler akan kembali tersaji empat tahun ke depan. Yup, panitia penyelenggara France 2016 harus bekerja lebih keras agar tontonan lebih menarik bisa tersaji.
Pihak Perancis 2016 sendiri optimis, penyelenggaraan di negeri mode tersebut bakal menghadirkan sensasi lain. Tidak hanya dari sisi negara yang terkenal dengan kecantikan geografis, melainkan juga atraksi para jagoan lapangan hijau. Para penonton akan disuguhi pola baru yang tergolong revolusionerl, yakni jumlah partisipan yang melonjak menjadi 24 negara di putaran final.
Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) mengubah format pertandingan putaran final Piala Eropa. Keberadaan sistem baru tersebut, secara otomatis semakin banyak pertandingan yang bakal digelar dan waktu pelaksanaan juga semakin lama. Format ini akan menghasilkan total 51-52 laga, dengan lama hari pertandingan, 29-31 hari dari sebelumnya 21 hari.
Nantinya, 24 kontestan putaran final, akan di bagi dalam enam grup dengan masing-masing diisi empat tim. Juara grup, runner-up, dan empat tim peringkat tiga terbaik akan lolos ke babak knock-out. Sistem ini pernah diterapkan di Piala Dunia dari 1986 sampai 1994.
Babak knock out, tidak langsung masuk perempat final seperti sekarang, tapi turun menjadi perdelapan final atau diikuti 16 tim. Setelah itu, kontestan terus mengerucut pada babak perempat final, semifinal, dan final.
"Dengan format baru ini, negara-negara dengan peringkat FIFA lebih rendah, bakal memiliki peluang besar melaju ke putaran final. Ini untuk mewujudkan keinginan kami bahwa Piala Eropa juga milik tim-tim yang selama ini kurang mendapat tempat," kata Presiden UEFA, Michel Platini.
Saat ini, di benua Eropa terdapat 52 negara yang terdaftar sebagai anggota. Mereka akan bersaing mempereputkan 23 tiket putaran final. Sedangkan satu tiket telah dikantongi Perancis sebagai tuan rumah.
Adapun jadwal undian tim-tim penyisihan di babak penyisihan, baru akan digelar setelah berakhirnya kualifikasi Piala Dunia FIFA 2014. Yang pasti, Rusia akan diberi pengurangan enam poin di kualifikasi karena skorsing akibat kekerasan fans di Polandia selama Euro 2012.
UEFA belum mengkonfirmasi format untuk kualifikasi, termasuk jumlah grup kualifikasi. Tapi Sekjen UEFA, Gianni Infantino, pada Maret 2012 lalu meminta UEFA untuk meninjau jumlah peserta yang berubah menjadi 24 tim.
Menurut Infantino, Piala Eropa 2016 bakal tidak ideal, karena akan terasa semakin membosankan disebabkan tim-tim peringkat ketiga tetap diijinkan lolos ke fase knock out. Selain itu, ia mengklaim bakal sulit menghindari kolusi antartim agar keduanya lolos dan mengorbankan tim lain dalam grup.
Sumber | Tribunnews.com