Prediksi Indonesia Vs Singapura



boladia - Setelah melakoni laga melawan Jepang, Indonesia juga akan menjalani pertandingan yang tak kalah beratnya di penyisihan kualifikasi Piala Asia U-22 Grup E, Minggu (15/7/2012). Pertandingan itu akan digelar di Stadion Utama Riau Pekanbaru.

Berbagai cara dilakukan oleh tim pelatih yang dikepalai Aji Santoso untuk mencapai target kemenangan di pertandingan nanti. Selain mengembalikan kembali kebugaran para pemain, tim pelatih juga berusaha mencari tahu lebih jauh mengenai pola permainan calon lawannya tersebut.

Asisten Pelatih Timnas Indonesia U-22, Widodo C. Putra, mengaku sudah menyaksikan rekaman pertandingan Singapura dalam empat laga yang sudah dilakoni. Termasuk laga terakhir melawan Macau, Kamis petang kemarin.

“Ternyata mereka bisa keluar dari tekanan Australia pada laga ketiga kemarin, hingga skor akhir 0-0. Berarti Singapura ini ada sesuatu yang perlu diwaspadai,” ujar Widodo, Kamis (12/7/2012).

Dari pertandingan pertama hingga keempat, tim asuhan Mike Wonk itu memiliki progres yang baik. Hal inilah kata Widodo, yang harus diwaspadai tim Garuda Muda.

“Pada pertadingan mereka terakhir, terlihat pola permainan Singapura harus diantisipasi semangat dan pergerakan para pemainya. Terutama pemain depannya,” tambah Widodo.

Meski demikian, Widodo menegaskan bahwa Garuda Muda tidak akan fokus kepada kekuatan lawan. Sebabdalam laga besok, Andik Vermansyah dan kawan-kawan juga diharapkan bisa menang besar. “Jadi bagaimana besok dari menit-menit awal bisa gol,” tegasnya.

Singapura sendiri sudah melakoni empat laga melawan Timor Leste, Jepang, Australia dan Macau. Sementara Indonesia juga sudah melakoni empat laga, yakni menghadapi Australia, Timor Leste, Macau dan Jepang.

Singapura merupakan lawan terakhir bagi timnas Garuda muda dalam ajang kualifikasi AFC 2012 yang sempat diberitakan akan ditunda penyelenggaraannya di tahun 2014. Dari sisi peringkat semua tim yang ada di grup E hanya ada dua tim besar, yakni Jepang dan Australia. Kedua tim tersebut memang jauh berada diatas Indonesia, baik untuk peringkat FIFA timnas senior maupun timnas u-22.

Singapura bisa dibilang tim yang memiliki persamaan level dengan Indonesia, baik untuk level timnas senior atau pun junior. Indonesia sudah melewati beberapa laga kualifikasi AFC U-22 dengan hasil yang sudah kita simak bersama. Bagaimana dengan hasil pertandingan melawan Singapura nanti? Apakah Indonesia mampu mengatasi permainan Singapura atau yang terjadi justru sebaliknya?

Sepakbola adalah sebuah permainan yang bergantung pada kolektifitas permainan, dan bukan bergantung pada sosok pemain pilar. Spanyol tidak akan bisa mempertahankan gelar juara EURO jika mereka hanya mengandalkan Xabi Alonso dan Xavi Hernandez ditengah. Setiap tim harus memiliki pola permainan solid, semua lini harus bisa hidup. Kerjasama antar pemain sangat penting, dan akan menjadi senjata utama untuk bisa menggulingkan lawan.

Di Indonesia, kita melihat wacana sepakbola yang sangat berbeda. Timnas Indonesia U-22 hanya bergantung pada sosok Andik Vermansyah. Sebuah permainan sepakbola yang jadul dan sama sekali tidak berkelas. Bagaimana anda bisa bermimpi tim ini akan dapat mengecap sebuah prestasi sementara kondisinya seperti ini. Apakah logis hanya dengan seorang Andik akan dapat mengatasi 11 pemain lawan? Mungkin Cuma Widodo Cahyono Putro dan Aji Santoso yang akan mengatakan ini MUNGKIN.

Entah bagaimana kedua pelatih ini dalam mengembangkan strategi bermain sepakbola. Catatan sejarah mengatakan bahwa kedua pelatih ini memang dua sosok pelatih yang selalu menjadi pecundang. Anehnya, jasa keduanya masih juga dipakai hingga saat ini. Maklum ketua umum PSSI kan emang teramat sangat payah!

Sekalipun Indonesia berhasil mengatasi Singapura, permainan monoton timnas Indonesia seperti yang biasa kita saksikan bukanlah gaya bermain sepakbola yang sebenarnya, dan tidak banyak yang bisa diharapkan oleh publik pecinta bola tanah air.

Prediksi susunan pemain Indonesia U22 vs Singapura U22:

Indonesia U22 (4-4-2): 45-Aji, 3-Danny, 4-Syaiful, 5-Nurmufid, 25-Agus, 18-Agung, 9-Bayauw, 14-Rasyid, 31-Syahroni, 10-Andik, 47-Fandi.

Singapura U22 (4-2-3-1):  24-M. Syazwan, 2-Al-Qaasimy, 4-Delwinder Singh, 6-Madhu Mohana, 8-Samuel Benjamin, 9-Safirull, 10-Muhammad Faris, 13-Muhammed Aqhar, 15-Sheikh Abdul Hadi, 16-M. Raihan, 17-Fareez.

Prediksi Skor Pertandingan Indonesia vs Singapura : Pertandingan ini akan dimenangkan oleh Indonesia dengan skor akhir INDONESIA 2-1 SINGAPURA.


 Follow @Boladia di Twitter dan Like Facebook Boladia di Facebook dan Ikuti Jadwal bola update