Fakta-fakta Menarik Spanyol dan Italia

Pertemuan Spanyol lawan Italia di final Piala Eropa 2012, Minggu atau Senin (2/7/2012) dini hari WIB bakal mempertemukan talenta-talenta berbakat di lapangan hijau. Dua gaya permainan yang berbeda juga akan menjadi cita rasa tersendiri pertandingan tersebut.

Tidak ada yang menyanggah kualitas permainan tiki-taka milik Spanyol. Sementara di kubu Italia,catenaccio menjadi senjata utama yang membuat lawan-lawannya menderita, selain mereka juga punya gaya menyerang yang mematikan.

Berikut fakta-fakta menarik Spanyol dan Italia:
- Spanyol dan Italia sudah saling bertemu sebanyak 30 pertandingan. Dari laga-laga tersebut, Spanyol memenangi 8 pertandingan dan Italia 10 laga. Sebanyak 12 partai berakhir imbang.
- Spanyol belum sekali pun mengalahkan Italia di ajang kompetitif di bawah naungan FIFA. Pada 1920, Spanyol pernah menang 2-0 atas Italia di pertandingan Olimpiade 1920, Belgia.
- Dalam ajang Piala Dunia atau Piala Eropa, Italia lebih mendominasi dengan tiga kemenangan dan empat seri atas Spanyol. Spanyol sempat menang adu penalti atas Italia di Piala Eropa 2008. Namun, UEFA mencatat hasil imbang di waktu normal.
- Skor terbesar kedua tim terjadi di Olimpiade 1928, Belanda. Kala itu, Italia menang dengan skor telak 7-1 atas Spanyol.
- Pertemuan pertama kedua tim di Piala Eropa 1980 yang berakhir imbang 0-0. Pelatih Spanyol sekarang, Vicente del Bosque, menjadi bagian tim saat itu. Namun, Del Bosque hanya duduk di bangku cadangan melawan Italia.
- Sampai saat ini, Spanyol belum terkalahkan dalam 19 pertandingan kompetitif.
- Kekalahan terakhir Spanyol di Piala Eropa terjadi delapan tahun silam dari Portugal, 0-1.
- Italia terakhir kali kalah di pertandingan kompetitif melawan Slovakia, 2-3 di Piala Dunia 2010.

Sumber | kompas.com