Update Transfer Musim Panas

boladia Geliat bursa transfer musim panas terus bergejolak mulai akhir musim lalu. Memasuki dua bulan pertama dibukanya jendela transfer, banyak aktifitas dilakukan sejumlah klub-klub di belahan Eropa.

Jelang dimulainya kompetisi musim 2012-2013 yang akan kembali bergulir per-Agustus 2012 mendatang, sejumlah klub Eropa melakukan pergerakan transfer. Tak hanya menambah amunisi dengan merekrut pemain anyar, namun ada juga klub yang melalukan pergantian di kursi kepelatihan.

Dimulai dari Italia, jawara Serie A, Juventus menambah amunisinya demi bersiap tampil di Liga Champions musim depan. Total sudah delapan pemain direkrut klub asal Kota Turin, baik itu dengan status pinjaman, kepemilikan bersama maupun permanen.

Gelandang lincah Emanuele Giaccherini statusnya dipermanenkan setelah musim lalu menjalani masa peminjaman dari klubnya, Cesena. Juve juga menebus kembali Sebastian Giovinco yang dalam dua musim terakhir tampil ciamik bersama FC Parma.

Enam wajah baru lainnya adalah dua pemain Udinese Mauricio Isla (bek sayap) dan Kwadwo Asamoah (gelandang), Stefano Beltrame (Novara/gelandang), Christian Pasquato (Udinese/striker), Nicola Leali (Brescia/kiper) dan Raffaele Alcibiade (Nocerina/bek).

Dari kota Milan, duo klub asal kota Mode itu juga tak ingin kalah. AC Milan sudah melakukan tujuh perekrutan seperti Bakaye Traore (Nancy/gelandang), Riccardo Montolivo (Fiorentina/gelandang), Mattia Valoti (Albinoleffe/gelandang), Kevin Konstant (Genoa/gelandang), Francesco Acerbi (Genoa/bek), Gianmario Comi (Torino/striker) dan Giacomo Beretta, striker yang statusnya dimiliki bersama Milan dan Genoa.

Inter Milan juga tak ingin ketinggalan meracik skuad baru, meski di musim depan mereka tidak ambil bagian di Liga Champions. Empat pemain sudah didatangkan ke Appiano Gentile, yakni Felice Natalino (Genoa/bek), Simone Benedetti (Torino/bek), Enrico Alfonso (Chievo/kiper) dan Rodrigo Palacio (Genoa/striker).

Beberapa tim Serie A lainnya juga sudah melakukan perubahan skuad. Lazio sudah punya dua amunisi baru, yakni, Ederson (Lyon/gelandang) dan striker     
Lorenzo Cinque  dari klub Mantova.

Sementara klub sekotanya, AS Roma baru merekrut satu pemain yakni, Dodô asal Brasil. Roma juga melakukan pergantian di kursi kepelatihan dengan merekrut Znedek Zeman. Di kubu lain, Fiorentina juga merekrut pelatih anyar yakni, Vinzenzo Montella.

Beralih ke ranah Inggris,  pergerakan tim-tim di Premier League belum begitu marak seperti di Italia. Meski begitu, beberapa klub telah melakukan pergerakan. Manchester United sudah merekrut dua pemain, Shinji Kagawa dan Nick Powell.

Arsenal juga sudah mendaratkan dua amunisi baru yaitu Lukas Podolski (FC Koln) dan Oliver Giroud (Montpellier). Chelsea baru merekrut satu gelandang yakni, Eden Hazard. Klub jawara Premier League, Manchester City malah belum melakukan pergerakan apapun.

Di kompetisi Spanyol, Barcelona sudah mengamankan jasa pilar Valencia, Jordi Alba yang tampil bersinar di Euro 2012 dan membantu Timnas Spanyol tampil sebagai jawara.

Sedangkan rival utamanya, Real Madrid belum menambah amunisi. Klub besutan Jose Mourinho saat ini nampaknya sedang fokus melepas sejumlah pemainnya demi menambah kas untuk melakukan belanja.

Update transfer Klub-klub besar Eropa:
Juventus
Datang: Emanuele Giaccherini (Cesena), Sebastian Giovinco (Parma), Mauricio Isla (Udinese), Kwadwo Asamoah (Udinese), Stefano Beltrame (Novara), Christian Pasquato (Udinese), Nicola Leali (Brescia) dan Raffaele Alcibiade (Nocerina).

Pergi
: Alessandro Del Piero (vacant)

AC Milan
Datang: Bakaye Traore (Nancy), Riccardo Montolivo (Fiorentina), Mattia Valoti (Albinoleffe), Kevin Konstant (Genoa), Francesco Acerbi (Genoa), Gianmario Comi (Torino), Giacomo Beretta (Genoa).

Pergi:
 Alessandro Nesta (vacant), Gennaro Gattuso (FC Sion), Gianluca Zambrotta (vacant), Mark van Bommel (PSV Eindhoven), Clarence Seedorf (Botafogo), Filippo Inzaghi (vacant), 

Inter Milan
Datang: Felice Natalino (Genoa), Simone Benedetti (Torino), Enrico Alfonso (Chievo), Rodrigo Palacio (Genoa)

Pergi: Lucio (peluang ke Juve), Samuele Longo (Genoa)

Manchester United
Datang: Shinji Kagawa (Borussia Dortmund), Nick Powell (Crewe XI)

Pergi:
 Fabio Da Silva (Queens Park Rangers)

Arsenal
Datang:
 Lukas Podolski (FC Koln), Oliver Giroud (Montpellier)

Chelsea
Datang: Eden Hazard (Lille)
Pergi: Didier Drogba (Shanghai Shenhua)

Tottenham Hotspur
Datang:
 Andre Villas Boas (pelatih)

Pergi: Harry Redknapp

Barcelona
Datang:
 Jordi Alba (Valencia)

Bayern Munich
Datang:
 Mario Mandzukic (Vfl Wolfsburg)

Pergi: 
Ivica Olic

Borussia Dortmund
Datang:
 Marco Reus (Borussia Moenchengladbach)

Pergi: Shinji Kagawa (Manchester United)

Sumber  | okezone