Valdes: Ronaldinho Kunci Kebangkitan Barca!

Boladia - Kiper Barcelona, Victor Valdes menyebut nama Ronaldinho sebagai kunci kebangkitan La Blaugrana. Ditambahkan oleh Valdes jika Ronaldinho adalah pemain dengan talenta terbesar yang pernah dilihatnya.

Ronaldinho didatangkan Barca tahun 2003 silam dan langsung memimpin tim Catalan itu merengkuh dua gelar La Liga dan satu trofi Liga Champions. Selama berkostum Barca, Ronaldinho juga mendapatkan penghargaan sebagai pemain terbaik FIFA sebanyak dua kali dan sekali mendapatkan trofi Ballon d'Or.

Meski saat ini nama Lionel Messi menjadi tulang punggung kesuksesan Barca. Namun menurut Valdes, kedatangan Ronaldinho mengubah sejarah Barcelona.

"Saya selalu mengatakan jika Rony sudah mengubah sejarah klub saat dia bermain di Barca," ucap Valdes kepada Terra TV. "Dia adalah pemimpin tim yang akhirnya mengubah sejarah klub ini."

Dijelaskan oleh Valdes jika Rony berhasil melepas dahaga fans Blaugrana yang sebelumnya sudah sejak lama tidak meraih gelar. Karenanya alasan itu Valdes berterima kasih kepada pemain asal Brasil itu.

"Kami tidak memenangkan gelar untuk jangka waktu yang lama. Dia (Ronaldinho) datang dan membuat Barcelona semakin dikenal dunia. dan untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepadanya. Saya harus katakan dia adalah pemain dengan talenta terbesar yang pernah saya lihat. Dia selalu melakukan hal yang baru," Valdes menjelaskan.

Ronaldinho hengkang dari Barca di tahun 2008 untuk bergabung dengan AC Milan. Bulan lalu, pemain berusia 32 tahun itu menandatangani kontrak baru dengan Atletico Mineiro setelah sebelumnya memutus kontrak dengan Flamengo, akibat tidak digaji.

Sumber: Bola.net